EKONOMI SYARIAH
PENGARUH LITERASI ZAKAT TERHADAP MINAT MASYARAKAT KOTA BANDUNG DALAM MENUNAIKAN ZAKAT (STUDI KASUS BAZNAS KOTA BANDUNG)
Dilakukannya penelitian ini dilatarbelakangi oleh naiknya jumlah penduduk miskin sebesar 9 ribu jiwa dari tahun 2020 sampai 2022. Menurut data baznas pada tahun 2021 dana zakat terkumpul sebesar 21 milyar dan terdapat perbedaan antara potensi zakat sebesar 1,6 triliun. Selain itu, terdapat fenomena resarch gap dari penelitian-penelitian sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh antara literasi zakat terhadap minat masyarakat Kota Bandung menunaikan zakat di Baznas Kota Bandung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Kota Bandung dan objek penelitiannya adalah masyarakat muslim Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dengan rumus slovin menghasilkan jumlah sampel minimum adalah 100 dan pada penelitian ini sejumlah 112 sampel diambil. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang didapat dengan cara penyebaran kuesioner kepada masyarakat Kota Bandung. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi zakat memiliki pengaruh yang positif terhadap minat membayar zakat profesi di Baznas Kota Bandung. Dengan nilai T Hitung sebesar 2,185>1,983 dan signifikansi sebesar 0,031< 0,05. Besarnya pengaruh menurut hasil uji determinasi R2 sebesar 15,3%.
Tidak tersedia versi lain