PSIKOLOGI
HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN SAAT PRESENTASI DI KELAS PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG
Tugas presentasi adalah tugas yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa. Presentasi ini biasanya dilakukan secara tatap muka ataupun secara online. Dengan hal ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi pendengar tetapi mampu menyampaikan gagasan atau ide di hadapan orang banyak. Walaupun presentasi adalah tugas yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa, kenyataanya tidak jarang juga masih banyak mahasiswa saat menghadapi presentasi merasakan cemas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Self Efficacy dengan Kecemasan saat presentasi di kelas pada mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 133 orang mahasiswa psikologi universitas muhammadiyah bandung angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan yang berkorelasi negatif sebesar (-0,421). Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa semakin rendah Self Efficacy maka semakin tinggi Kecemasan, begitupun dalam keadaan sebaliknya.
Tidak tersedia versi lain