PIAUD
PERAN GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK BUSTANUL 'ULUM
Permasalahan dalam penelitian ini adalah menggali peran guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. Peran guru sebagai motifator, fasilitator, pendidik dan pengajar, pembimbing, model teladan dan penilai. rnTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. rnPenelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Sumber datanya adalah guru dan kepala sekolah. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi data, sedangkan analisis data yaitu pengumupulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. rnHasil penelitian yang diambil dari pembahasan dan kesimpulan bahwa peran guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak dengan cara guru sebagai motivator untuk mendorong dan memotivasi anak, guru sebagai fasilitator menyediakan fasilitas alat dan media sesuai dengan kebutuhan anak, guru sebagai pendidik dan pengajar yaitu guru mendidik dan mengajarkan pengetahuan kepada anak, guru sebagai pembimbing yaitu membimbing anak dan mengarahkan anak untuk capaian dimasa depan, guru sebagai model tealdan yaitu dengan mejadi suri teladan bagi anak, dan memberi contoh perilaku yang baik , dan guru sebagai penilai guna untuk mengevaluasi sejauh mana capaian perkembangan anak.rn"rn"
Tidak tersedia versi lain