ETD UMBandung

Sistem Elektronik Skripsi/Tugas Akhir UPT Perpustakaan UM Bandung

  • Beranda
  • Informasi
  • Web Perpus
  • Sign Up
  • ETD Lainnya
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) FARMASI KATEGORI LAMA WAKTU TUNGGU PADA PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSAU DR. M. SALAMUN
Penanda Bagikan

FARMASI

EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) FARMASI KATEGORI LAMA WAKTU TUNGGU PADA PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSAU DR. M. SALAMUN

ATHALIA JOVANKA SURATNO - Nama Orang;

Standar Pelayanan Minimal (SPM) merupakan ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar. Waktu tunggu pelayanan resep adalah waktu tunggu dari pasien membawa resep ke apoteker untuk menyiapkannya dan saat pasien menerima obat, yang juga meliputi pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi. Cepat ataupun lambatnya pelayanan waktu tunggu obat sangat berpengaruh pada kepuasan pasien terhadap pelayanan Farmasi. Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129 Tahun 2008 Tentang Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit, dinyatakan bahwa waktu tunggu pelayanan non racikan selama 30 menit dan waktu tunggu pelayanan obat racikan selama 60 menit. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan pengambilan data dilakukan secara retrospektif di depo rawat jalan. Waktu penelitian yaitu pada bulan april 2022 di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSAU dr. M. Salamun. Dilakukan penghitungan waktu tunggu pelayanan resep obat jadi dan obat racikan kemudian dilakukan analisis terhadap kesesuaian dengan standar pelayanan minimal kategori lama waktu tunggu. Data hasil evaluasi waktu tunggu pelayanan obat dilakukan secara acak di depo rawat jalan dengan menggunakan Lembar Pengumpul Data (LPD). Jumlah resep yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 132 resep dengan 13 resep obat racikan dan 119 resep non racikan, resep yang diambil merupakan resep pasien rawat jalan BPJS. Berdasarkan hasil evaluasi waktu tunggu pelayanan obat di depo rawat jalan diketahui waktunya 21 menit 7 detik untuk obat racikan sedangkan waktu tunggu pelayanan non racikan adalah selama 7 menit 9 detik. Kesimpulan waktu tunggu obat racikan dan non racikan telah memenuhi standar minimal pelayanan rumah sakit.


Ketersediaan
#
Location name is not set Location name is not set
TA00254
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2022 TA00254 ATH e Farmasi
Penerbit
BANDUNG : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG., 2022
Deskripsi Fisik
59 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
bpjs
pelayanan resep
pelayanan obat
standar pelayanan minimal
waktu tunggu
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

ETD UMBandung
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Informasi

                                   “PERHATIAN”

Maintenance 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Universitas Muhammadiyah Bandung Cek Plagiarisme Registrasi Login

© 2025 — UMBandung Library

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?