PIAUD
IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM PERKEMBANGAN MORAL DAN KEIMANAN ANAK USIA DINI DI TPA AL-HUSNA KOTA BANDUNG
Dengan berkembangnya dari zaman ke zaman karakter yang berkualitas itu perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini, yang dimana usia dini merupakan masa krisis bagi pembentukan karakter seseorang. Sejak dini anak-anak perlu di rawat dan di didik dengan nilai-nilai moral dan keimanan, seperti nilai-nilai keIslaman dan nilai-nilai kebajikan agar anak tumbuh menjadi anak yang kokoh dan berakter baik serta dapat melahirkan insan yang berakhlakul karimah. rnrnPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penting penerapan atau implementasi metode bercerita dalam perkembangan moral dan keimanan anak usia dini di TPA Al-Husna Kota Bandung.rnrnMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. untuk menganalisis datanya menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang Guru TPA Al-Husna Kota Bandung. Adapun Teknik pegumpulan data nya dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. rnrnBerdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Implementasi metode bercerita dalam perkembangan moral dan keimanan anak usia dini sangat penting. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode bercerita dalam perkembangan moral dan keimanan anak usia dini adalah dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini juga menyimpulkan bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambatnya yaitu, keluarga, lingkungan, dan teknologi.rnrnTemuan ini sangat penting, terutama bagi guru agar lebih mudah dalam penyampaian pembelajaran. Dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan nilai moral dan keimanannya pada anak usia dini melalui metode bercerita. rnrnKata kunci : Metode Bercerita, Moral dan Keimanan, Anak Usia Dinirnrnrn"
Tidak tersedia versi lain