PIAUD
HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI
HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI.rnPenelitian ini berawal dari peneliti melihat di lapangan, pembelajaran calistung bagi anak usia dini menuai banyak kontroversi dari berbagai kalangan yang terlibat dalam pendidikan anak usia dini. Setelah peneliti membaca dari berbagai informasi dan referensi, ada hal lain yang peneliti lihat yaitu sebenarnya bukan faktor pembelajaran calistung yang memperburuk mental anak, melainkan cara dan strategi yang digunakan seorang guru dalam mengajarkan calistung. Sehingga pemberiannya haruslah dengan metode dan strategi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kenyataan lain pada beberapa sekolah TK di kecamatan Buah Batu yang terpaksa memberikan muridnya pembelajaran agar bisa calistung. Padahal di sisi lain, lembaga TK itu sendiri tidak memiliki kewajiban untuk hal tersebut selain hanya sebatas mengenalkan (pra membaca).rnPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kreativitas guru dan minat belajar calistung di kecamatan Buah Batu Bandung dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan.rnMetode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, sedangkan rancangan yang digunakan adalah non-experimental dengan metode korelasional. Menggunakan penelitian sample dengan jumlah responden 35 orang. Instrument berbentuk skala model Likert dengan alat ukur yang digunakan adalah kreativitas guru (30 item) dan minat belajar calsitung (20 item), dan pengolahan datanya menggunakan formula Rank Spearman.rnBerdasarkan hasil pengolahan data, analisis korelasi menghasilkan koefisien korelasi sebesar T, = 0,502. Jadi dapat dikatakan bahwa penelitian ini memiliki hubungan positif dan koefisien determinasinya 62 persen. variasi perubahan dalam variabel minat belajar calitung disebabkan oleh variasi kreativitas guru dan sisanya ditentukan oleh variabel lainnya. Untuk deskripsinya dapat disimpulkan bahwa sebanyak 62 persen guru memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. rnTemuan ini sangat penting terutama bagi para guru agar memperbanyak membaca dan diskusi terkait kreativitas untuk menambah referensi dalam melakukan pembelajaran calistung agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai namun tidak mengesampingkan perkembangan anak kedepannya.rnKata kunci :rnCalistung, Kreativitas Guru, PAUDrnrn"
Tidak tersedia versi lain