PIAUD
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA POHON HITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUNA
Salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan guru PAUD sebagai pendidik di sekolah pada anak usia dini adalah aspek perkembangan kognitif. Lingkup perkembangan kognitif untuk anak usia 4-5 tahun terbagi menjadi tiga yaitu belajar dan pemecahan masalah, berpikir logis serta berpikir simbolik. Kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun yaitu anak mampu membilang banyak benda satu sampai sepuluh, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan. Sementara, di dalam PERMENDIKBUD nomor 146 tahun 2014 diketahui pula terdapat indikator berpikir simbolik yang menyatakan bahwa anak mampu menghubungkan benda-benda konkret dengan lambang bilangan 1-10.rn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan anak usia 4-5 tahun mengenal konsep lambang bilangan 1-10 anak sebelum dan sesudah diberikan penggunaan media pohon hitung di PAUD Daarul Amal.rn Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas.(PTK). PTK merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan yang tidak atau kurang memuaskan dan atau untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK merupakan kegiatan yang langsung berhubungan dengan tugas guru atau praktisi di lapangan. Singkatnya PTK merupakan penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran yang ada. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yang merupakan suatu proses yang dilakukan dengan cara menggolong-golongkan, mengurutkan dalam suatu pola, dan menghubung-hubungkan antara data yang satu dengan yang lain untuk mencari makna berdasarkan data yang dimiliki oleh peneliti, serta mendeskripsikan data hasil penelitian itu dengan menggunakan tabel sebagai alat bantu untuk memudahkan dalam menginterpretasikan. Kemudian data hasil penelitian pada masing-masing tabel tersebut diinterpretasikan (pengambilan makna) dalam bentuk naratif (uraian) dan dilakukan penyimpulan. Adapun analisis data yang akan dilakukan adalah dengan menganalisa hasil penelitian yang telah diperoleh dalam bentuk ceklis.rn Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran dan hasil refleksi yang dilakukan selama dua siklus menunjukkan adanya dampak positif dari kegiatan mengenal konsep lambang bilangan 1-10 menggunakan media pohon hitung terhadap peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1-10 anak usia 4-5 tahun. Hal tersebut terlihat pada kemampuan anak yang meningkat dari kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II. Proses kegiatan pembelejaran melalui media pohon hitung lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Jadi, pada siklus II perkembangan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1-10 meningkat sebesar 84,9% sehingga pada kriteria berkembang sangat baik. Dan dapat disimpulkan bahwa penelitian Tindakan kelas menggunakan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1-10.rnDengan menggunakan media pohon hitung kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun Paud Daarul Amal meningkat sesuai dengan indikator yang diharapkan. Semoga peneliti selanjutnya bisa melanjutkan penelitian dengan penelitian yang berbeda dan rancangan yang berbeda.rnKata kunci :rnKonsep Lambang Bilangan, pohon hitungrn"
Tidak tersedia versi lain