PIAUD
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK USIA DINI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A Di TKQ Arroyyan Bandung)
Pengenalan huruf hijaiyah penting diberikan kepada anak usia dini sebagai tahap rnawal kemampuan anak dalam membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk rnmeningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui kartu huruf rnbergambar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rndilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 tindakan. Subjek dalam rnpenelitian ini anak kelompok A usia 4-5 tahun dengan jumlah 8 anak. Teknik rnpengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. rnInstrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi. Peningkatan rnkemampuan mengenal huruf hijaiyah dikatakan berhasil apabila telah mencapai rnhasil 75% (mampu menyebutkan huruf hijaiyah, mampu menunjukan huruf rnhijaiyah dan menyalin huruf hijaiyah). Hasil penelitian menunjukan bahwa rnkemampuan mengenal huruf hijaiyah dapat ditingkatkan melalui kartu huruf rnbergambar pada anak kelompok A di TKQ Arroyyan. Hal ini dibuktikan dengan rnadanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah, pada siklus I tindakan rnke 1 kemampuan keseluruhan anak mencapai 39,5%, dan terjadi peningkatan pada rnsiklus I tindakan 2 mencapai 52,1%. Sedangkan pada siklus II tindakan 1 terjadi rnpeningkatan dalam keseluruhan kemampuan mencapai 67,7%, dan pada siklus II rntindakan 2 diperoleh hasil mencapai 79.1%. Peningkatan ini adalah untuk rnmemberikan informasi kepada masyarakat luas bahwa kartu huruf bergambar dapat rndigunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak.rn"rn"
Tidak tersedia versi lain