PIAUD
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MELALYIKEGIATAN MEMANCING HURUF PADA ANAK USIA DINI
Perkembangan kemampuan mengenal huruf merupakan perkembangan yang terkait dengan kemampuan berpikir anak, yang harus dikembangkan sejak usia dini. Salah satu kemampuan anak usia dini yang harus dikenalkan kepada anak adalah keaksaraan, dimana anak mampu mengenal huruf, mengenal simbol huruf, menghubungkan bunyi huruf dan simbolnya, serta menulis namanya sendiri. Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan yang harus dimilki setiap anak usia dini sebagai bekal untuk di jenjang selanjutnya, seperti kemampuan untuk menulis dan membaca. Pembelajaran di TKQ Ash Shadiqin pada kegiatan pembelajaran kemampuan keaksaraan masih belum berkembang, hal ini terdeteksi ketika anak diperkenalkan dengan huruf masih belum mampu menyebutkan simbol, belum mampu menulis dan membaca kata-kata sederhana. rn Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui kegiatan memancing huruf di TKQ Ash Shadiqin. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Kurt Lewin yang terrdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 23 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (ceklist). Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Peningkatan kemampuan keaksaaan awal dikatakan berhasil apabila presentasi kemampuan keaksaraan awal anak mencapai 80% (mampu menyebutkan simbol huruf, mampu membedakan fonem atau bunyi setiap kata, mampu membaca dan menuliskan kata-kata sederhana). rn Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan memancing huruf mampu meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal anak kelompok B TKQ Ash Shadiqin. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan mengenal keaksaraan anak, pada siklus I tindakan ke 1 kemampuan keseluruhan anak mencapai nilai 50%, pada siklus I tindakan ke 2 terjadi peningkatan kemampuan anak menjadi 58%. Pada siklus II tindakan ke 1 nilai keseluruhan kemampuan anak mencapai 75% dan pada siklus II tindakan ke 2 mengalami peningkatan dengan mencapai nilai keseluruhan 84%.rn Berdasarkan hasil analisis diatas pada siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan dengan kegiatan bermain memancing huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan kelompok B TKQ Ash Shadiqin.rnrnKata kunci :rnKemampuan mengenal huruf, memancing huruf.rnrn"
Tidak tersedia versi lain