PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN SEKS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 CIMAUNG KABUPATEN BANDUNG
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi implementasi pendidikan seks pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan seks pada pembelajaran serta dampak impelentasi pendidikan seks pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak siswa.rn Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SMPN 1 Cimaung Kabupaten Bandung. Sumber data utama adalah kepala sekolah, guru bidang pendidikan agama islam, 5 siswa-siswi kelas VII SMPN 1 Cimaung, Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, dan skripsi serta dokumentasi berupa foto. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. rn Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan seks pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pembelajaran Pendidikan Agama islam bahwa guru tidak mengajarkan pokok bahasan mengenai seks secara khusus. Akan tetapi, guru PAI mambahas Pendidikan Seks melalui teknik insersi dimana materi-materi pendidikan seks tersebut dimasukan disela-sela pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengenai batas-batas pergaulan laki-laki dan perempuan dan juga melalui pembelajaran ekstrakurikuler.rnSaran dari peneliti untuk setiap lembaga pendidikan sebaiknya Kepala Sekolah menyusun kebijakan secara khusus mengenai pendidikan seks supaya hal tersebut tidak dianggap tabu terutama bagi siswa. Guru harus meningkatkan kompetensi guru karena dalam mengajar dianjurkan untuk menggunakan cara atau metode mengajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa. Siswa harus mencari informasi tentang pendidikan seks dengan menambah pengetahuan kepada sumber yang tepat diluar sekolah untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. rn"
Tidak tersedia versi lain