PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) (Penelitian Terhadap Siswa Kelas Vii Dan Viii Di Mts Muhammadiyah Bandung)
Pendidikan menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Guru merupakan tokoh yang berpengaruh dalam dunia Pendidikan. Karena kehadiran Guru dapat memberikan kecerdasan bagi anak didiknya yang dapat berdampak positif bagi kemajuan bangsa ini. Islam memandang tugas Guru sebagai profesi yang mulia. bahkan, Islam juga menempatkan kedudukan orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan pada derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia lainnya. Metode Inkuiri Terpimpin merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.rnPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan metode inkuiri terpimpin di MTS Muhammadiyah Bandung, 2) Faktor pendukung dan penghambat dari metode inkuiri terpimpin
Tidak tersedia versi lain