PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 8 PADA MATA PELAJARAN AIK DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG
Pembelajaran daring menimbulkan kontroversi, seperti ketercapaianrnpembelajaran, motivasi peserta didik, interaktis belajar mengajar siswa dan guru,rnpembiasaan kebiasaan baik siswa yang diberlakukan selama sekolah normal tidakrnbisa dilaksanakan dengan baik. Semangkin hari motivasi belajar siswa menurun,rndan pembelajaran hanya sebagai formalitas. Kondisi ini tidak bisa dielekkan,rnsiswa dan guru tetap harus menjalankan kewajiban dan hak masing-masing dalamrnpendidikan.rnSaat pandemi Media pembelajaran daring yang dipakai di Smprnmuhammadiyah 3 bandung dalam pembelajaran AIK menggunakan Aplikasirnberbasis internet. Akan tetapi siswa di smp muhammadiyah 3 Bandung lebihrnmemilih Aplikasi whatssap selama pembelajaran Daring, karena dirasa tidakrnmemberatkan kepada siswa yang kurang mampu dibandingkan dengan aplikasirnlainnya yang harus menggunakan biaya yang lebih dalam kuota saatrnpembelajaran.rnAlasan dari pemilihan siswa terhadap aplikasi whatsapp, menimbulkanrnbeberapa pertanyaan apakah ada Pengaruh Penggunaan Whatsapp dalamrnpembelajaran, Seberapa besar Penggunaan Whatsapp terhadap siswa, danrnSeberapa Besar Minat Belajar Siswa kelas 8 Pada Mata pelajaran AIK Di SmprnMuhammadiyah 3 Bandung.rnPenelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Penggunaan whatsapprnterhadap minat belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran AIK serta untukrnmengetahui jawaban dari setiap rumusan masalah. Metode yang digunakan dalamrnpenelitian ini adalah metode menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalamrnpenelitian ini berjumlah 89 di kelas 8 A,B, C, D. Penelitian ini menggunakan datarnprimer yang bersumber dari angket dengan menggunakan incidental samplingrnyaitu kebetulan siapa saja yang mengisi angket dan memakai rumus slovin dalamrnpenentuan pengambilan sampel. Data analisis pengujian hipotesis menggunakanrnanalisis regresi linear sederhana dengan IBM SPSS Statistics versi 23.rnHasil pengujian yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkanrnbahwa penggunaan whatsapp berpengaruh positif sebesar 29,5% terhadap minatrnbelajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran AIK dan signifikan yaitu 0,000 < 0,05rnbaik secara uji koefisien maupun uji regresi linear sederhana."rn"
Tidak tersedia versi lain