ETD UMBandung

Sistem Elektronik Skripsi/Tugas Akhir UPT Perpustakaan UM Bandung

  • Beranda
  • Informasi
  • Web Perpus
  • Sign Up
  • ETD Lainnya
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PADA KELOMPOK A DI RA NURUL IMAN BANDUNG
Penanda Bagikan

PIAUD

MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PADA KELOMPOK A DI RA NURUL IMAN BANDUNG

AGUS WINARNO - Nama Orang;

Masa usia dini merupakan masa peletak dasar atau pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Artinya masa kanak-kanak yang bahagia merupakan dasar bagi keberhasilan dimasa datang. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Anak Usia Dini menyebutkan bahwa ada beberapa aspek yang harus dikembangkan pada usia 4-5 tahun, yakni aspek nilai agama dan moral, fisik dan motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional serta seni. Salah satu aspek yang harus mendapat rangsangan pendidikan agar bisa berkembang dengan optimal yakni aspek sosial emosional anak. Aspek ini ini salah satunya meliputi memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri anak. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan anak sebagai bekal mengatasi setiap tantangan serta problematika hidupnya nanti. Kepercayaan diri anak-anak kelompok A di RA Nurul Iman termasuk belum berkembang. Hal ini didasarkan pada keberanian anak mengungkapkan pendapatnya dan tampil didepan ketika kegiatan dikelas, dan berkomunikasi dengan teman. Melalui penelitian ini maka digunakanlah bermain ular naga untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana peningkatan kepercayaan diri anak kelompok A di RA Nurul Iman melalui pernainan ular naga. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Taggart sebagai sistem reflelksi yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan 2 siklus 4 tindakan. subjek penelitian berjumlah 8 anak, dengan rincian 3 anak perempuan 5 anak laki-laki. Sedangkan teknik pengambilan data dengan cara teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 tindakan 1 48,125%, siklus 1 tindakan 2 78,75%, siklus 2 tindakan 1 79,375% dan siklus 2 tindakan 2 93,75. Berdasarkan hasil tersebut, melalui bermain tradisional ular naga terjadi peningkatan kepercayaan diri anak kelompok A di RA Nurul iman. Hasil ini sangat penting, terutama bagi para guru pendidikan anak usia dini dalam meningkatkan aspek sosial emosional khususnya kepercayaan diri anak. rnrnrn"


Ketersediaan
#
RUANG REFERENSI UPT PERPUSTAKAAN Location name is not set
TA00440
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2022 TA00440 AGU m PIAUD
Penerbit
BANDUNG : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG., 2022
Deskripsi Fisik
94 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1617031033
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PIAUD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FAKULTAS AGAMA ISLAM
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

ETD UMBandung
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Informasi

                                   “PERHATIAN”

Maintenance 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Universitas Muhammadiyah Bandung Cek Plagiarisme Registrasi Login

© 2025 — UMBandung Library

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?