PIAUD
MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PADA KELOMPOK A DI RA NURUL IMAN BANDUNG
Masa usia dini merupakan masa peletak dasar atau pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Artinya masa kanak-kanak yang bahagia merupakan dasar bagi keberhasilan dimasa datang. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Anak Usia Dini menyebutkan bahwa ada beberapa aspek yang harus dikembangkan pada usia 4-5 tahun, yakni aspek nilai agama dan moral, fisik dan motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional serta seni. Salah satu aspek yang harus mendapat rangsangan pendidikan agar bisa berkembang dengan optimal yakni aspek sosial emosional anak. Aspek ini ini salah satunya meliputi memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri anak. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan anak sebagai bekal mengatasi setiap tantangan serta problematika hidupnya nanti. Kepercayaan diri anak-anak kelompok A di RA Nurul Iman termasuk belum berkembang. Hal ini didasarkan pada keberanian anak mengungkapkan pendapatnya dan tampil didepan ketika kegiatan dikelas, dan berkomunikasi dengan teman. Melalui penelitian ini maka digunakanlah bermain ular naga untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana peningkatan kepercayaan diri anak kelompok A di RA Nurul Iman melalui pernainan ular naga. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Taggart sebagai sistem reflelksi yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan 2 siklus 4 tindakan. subjek penelitian berjumlah 8 anak, dengan rincian 3 anak perempuan 5 anak laki-laki. Sedangkan teknik pengambilan data dengan cara teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 tindakan 1 48,125%, siklus 1 tindakan 2 78,75%, siklus 2 tindakan 1 79,375% dan siklus 2 tindakan 2 93,75. Berdasarkan hasil tersebut, melalui bermain tradisional ular naga terjadi peningkatan kepercayaan diri anak kelompok A di RA Nurul iman. Hasil ini sangat penting, terutama bagi para guru pendidikan anak usia dini dalam meningkatkan aspek sosial emosional khususnya kepercayaan diri anak. rnrnrn"
Tidak tersedia versi lain